Akhwat's Laman

Sunday, February 23, 2014

Kelapa Ijo?

Baru-baru ini, ada kondisi yang mengharuskan aku meminum kelapa ijo. Pertama kali aku diberi tahu, aku pikir, "bukannya kelapa memang luarnya berwarna hijau ya?", tapi aku iya-kan saja. Di Jakarta aku jarang melihat pedagang kelapa yang masih utuh, ada pun yang sudah menjadi es kelapa muda. Maka dari itu, aku coba tanya orang rumah, siapa tahu di Bandung lebih mudah mendapatkannya. Setelah aku tanyakan pada Ibu, ternyata ada penjual kelapa di dekat rumah. Jadi aku minta tolong belikan pada Bibi.

Kejadian lucunya adalah bahwa Bibi pikir kelapa ijo itu ya, yang biasa ada di mang2 tukang es kelapa muda dan kulitnya BERWARNA HIJAU (sama seperti aku). Jadi saat Bibi beli, sang ibu penjual kelapa sudah menyodorkan kelapa ijo yang asli namun kulitnya sudah kecoklatan dan harganya memang lebih mahal, kelapa biasa mungkin hanya Rp 9000,00/butir, tapi kelapa ijo Rp 15.000,00/butir nya. Karena Bibi khawatir dibohongi, Bibi keukeuh mengatakan pada ibu penjual,

"Ah Bu, wios nu ieu weh!" *Udah Bu, gapapa yang ini aja! (sambil ngotot menunjuk ke kelapa yang lebih kecil dan berwarna hijau muda) 
"Neng, lainna hoyong kalapa ijo pan? Tah, nu ieu nu asli mah." *Mba, bukannya mau kelapa ijo kan? Ini nih yang asli. 
"(Dalam hati) Cenah kelapa ijo, naha luarna coklat, sok aya2 wae si ibu." *Katanya kelapa ijo, kenapa luarnya warna coklat, ada2 aja nih ibu. 
"Yeuh, da kalapa ijo nu asli mah, dalemna warna ungu kitu!" *Nih, kelapa ijo yang asli tuh, yang dalamnya warna ungu! (ibu penjual mulai naik pitam) 
"Oh enya kitu Bu?" *Oh, gitu ya Bu?

Hahaha, terlepas dari lucunya kelakuan Bibi ku, yang mau aku sampaikan adalah bahwa meskipun namanya KELAPA IJO, bukan berarti warna kulitnya harus yang hijau. Ketika masih muda memang hijau, namun ketika mulai tua ya seperti kelapa biasa, kulitnya menjadi kecoklatan. Terus, cara membedakannya jadi gimana?

Kelapa Ijo

Lihat di bagian atasnya itu? Warna keunguan itulah yang membedakannya, sementara kelapa biasa berwarna putih. Selain itu juga, daging kelapa ijo tidak setebal kelapa biasa, bahkan bisa dibilang tidak ada. Namun untuk air nya, rasanya tidak begitu berbeda jauh, walaupun ada yang menyebutkan agak sedikit pahit.

Oke, sibuk banget nih ya nyebut2 kelapa ijo, emang itu buat apa sih?
Setahuku, air kelapa itu adalah minuman isotonik alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mengandung elektrolit yang sama dengan darah kita. Kalo ada yang ga ngerti minuman isotonik apaan (aku juga baru tahu), menurut BPOM RI 2006, adalah minuman yang dapat menggantikan cairan, karbohidrat, elektrolit, dan mineral tubuh dengan cepat. Jadi, ketika kita merasa dehidrasi, meminum air kelapa adalah cara yang tepat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Dan kalo ada yang ga ngerti elektrolit tuh apaan juga (ini juga aku baru tau) itu merupakan kandungan yang terkait dengan segala bentuk mekanisme tubuh termasuk metabolisme misal sebagai ion pengaktif enzim, pembentuk hormon, dll (sebenernya ada banyak lagi, tapi khawatir bahasanya bikin ga ngerti), bahkan karena kandungannya yang nyaris sama dengan darah kita, pernah dijadikan transfusi plasma darurat (kebayang ga tuh, hebatnya kelapa, Maasya Allah!).

Baik kelapa biasa maupun kelapa ijo, dua2nya sangat baik bagi tubuh. Untuk manfaat2nya sudah banyak blog yang membahas seperti di beberapa referensi yaitu DISINI atau DISINI atau juga DISINI. Kelapa biasa/kelapa muda biasanya dianjurkan untuk ibu2 hamil agar melancarkan pencernaan selama hamil dan baik pula untuk jabang bayi. Sementara Kelapa Ijo sangat baik untuk melancarkan haid dan membersihkan rahim. Ini biasanya dianjurkan bagi ibu2 yang sudah melahirkan.

Melihat begitu hebatnya fungsi air kelapa, apa boleh diganti dengan air kelapa dalam kemasan (ga boleh sebut merk ya..) ??? Setahuku, ini perlu diperhatikan, bagaimanapun air hasil produksi buatan pasti tidak sama kandungannya dengan yang alami langsung dari sumbernya. Aku sebenarnya tidak begitu tahu tentang kandungannya, tapi jika masih bisa diusahakan untuk mendapatkan yang asli, kenapa tidak langsung beli yang asli saja? Toh, harga lebih murah, airnya lebih banyak dan yang jelas kualitasnya langsung dijamin oleh Pencipta nya.. ;)

Oke sekian dari pengalamanku bergelut dengan kelapa ijo, semoga bermanfaat. Dan kata teteh yang pernah ngasih info, kelapa ijo sangat baik untuk rutin diminum oleh perempuan. Karena kandungannya yang bersifat 'membersihkan'. Kan kita calon2 mom-gonna-be, ini bisa jadi salah satu ikhtiar kita untuk mempersiapkan 'lingkungan' yang sehat bagi calon dede kita ;) Selamat mencoba...

2 comments: