Akhwat's Laman

Saturday, February 22, 2014

Saat Aku Pulang Tanpa Babeh...(Part.1)

“Mba, hari ini pulang?”
“InsyaAllah Beh, sore ini jam4an aku berangkat dari kantor. Entar kalo udah dapet bus nya aku kabarin lagi ya..”
“Oke siap.. Jangan lupa kabarin kalo udah nyampe Padalarang ya..”
“Wokeh Beh..”

Yap, itu percakapan SMS atau telpon yang biasa aku lakukan dengan Babeh ketika akan pulang ke Bandung. Aku yang bekerja di Jakarta, setiap pulang ke Bandung selalu merepotkan Babeh alias minta jemput. Jemput dimana? Hmm, di jembatan tol Buah Batu. Hah, ga salah?

Hehe, aku susah juga menjelaskan keadaan aku pulang, tapi aku coba beri bayangan ya..
Jadi, dulu sebenarnya aku sering pulang ke Bandung naik travel. Tapi berhubung harganya cukup mahal dan perjalanan dari kantor menuju pool travel agak bolak balik (jadi, dari pool travel menuju Bandung itu melewati arah kantor aku juga), aku memutuskan untuk naik bus. Awalnya aku parno mendengar kata bus, karena aku pernah merasakannya dan itu sangat tidak nyaman (karena aku naik bus bukan dari pool nya, jadi di saat bus sudah terisi penuh oleh penumpang dari Lebak Bulus, dan aku terpaksa berdiri atau tidak jelas posisi).

Namun, aku tahu dari teman bahwa mereka biasa naik bus jurusan ke Garut atau Tasik. Mereka berangkat dari pool Primajasa langsung di daerah BKN (dari sini, bus nya masih pada kosong cuy) dan setelah sampai turun di jembatan tol (jembatan tol ini di atas jalan yang jadi jalur kami ke tempat tujuan pulang). Ada yang di wilayah Padalarang, Leuwi Gajah, Kopo, Moh.Toha dan di tempat aku biasa turun yaitu Buah Batu. Kenapa Buah Batu? Karena itu lebih dekat dengan rumahku. Yah, dibandingkan dengan naik bus jurusan Bandung dan turunnya di Leuwi Panjang (jauh cuy) atau naik travel dan turun di daerah Balubur (sama jauh, kasian Babeh), ya lebih baik ini, meski agak ilegal sih, hehehe...

Sebenarnya aku kasian juga dengan Babeh, karena beliau juga pasti sudah capek dengan kerjanya. Namun beliau berdalih, “Ya masa Bapak biarin Mba pulang sendirian, udah larut, cewe pula..” (emang Babeh, love u full dah.. :*) Aku juga tidak bisa membayangkan seramnya perjalanan sendirian pulang. Mengingat keadaan Bandung pada malam hari yang sulit ditebak. Naik angkot olangan, ditemani penumpang2 yang mencurigakan..hiiiiyyy... Ibu pasti ga bisa tidur tenang.
Namun muncul momen dimana Allah menguji aku, Bapak, Ibu... (*lebay sih, tapi insyaAllah makna...)


21 Februari 2013..

07.00 WIB
Pagi itu, aku mendapat telepon dari Babeh.

“Duh Mba, meni pas ya, Mba pulang sore ini, Bapak malah ke Jakarta..”
“Oh, kenapa Beh? Tanding futsal lagi?”
“Heu-euh.. Mba pulang sama siapa? Kalo sama Dodon, entar nebeng aja, ikut sampe soekarno hatta gitu, dari sana baru naik angkot, tapi jangan yang Cadas Cibiru ya, yang Riung atau Margahayu aja..”
“Liat entar sih Beh, belum tau pada mau pulang ato ga.. Tenang aja Beh, jam segituan mah masih banyak angkot juga..”
“Oh iya atuh, hati2 ya.. Kabarin Bapak..”
“Sssiap Beh..”

Yap, hari itu Babeh mendeklarasikan bahwa beliau tidak bisa menjemput aku. Hmm, aku agak khawatir, tapi ku tepis jauh2, “Ah, palingan nyampe Bandung jam 9 kurang.. masih banyak lah angkot mah..
Sebenarnya dengan keadaan ini aku jadi ingin memilih untuk tidak pulang. Karena akan melelahkan dan Ibu pasti sangat khawatir jika aku pulang sendiri. Tapi pekan ini aku ada tes wawancara kuliah lanjutan, itu alasan mengapa aku ‘terpaksa’ harus pulang. Padahal teman2 kantorku berencana jalan2... huft, pengorbanan...


16.50 WIB
BABEH SMS => Mba udah berangkat ke Bandung? Bapak udah berangkat ke Jakarta.
AKU BALAS => Ini lagi di busway menuju terminal bus Beh..
BABEH SMS => Ada temen Mba? Maaf ya Bapak ga bisa jemput..
AKU BALAS => Aku sendiri Beh..


17.40 WIB
Hari ini aku agak terlambat dapat bus, karena tadi perjalanan menuju terminal/pool agak macet dan aku keluar dari kantor agak terlambat. Tapi aku pikir ini masih wajar, mungkin sampai sekitar jam9. Aku pikir di tol tidak akan macet, karena sepertinya tidak banyak yang pulang ke Bandung.


18.30 WIB
Aku salah total. Muaceettt tenan rek!


18.42 WIB
BABEH SMS => Mba, sudah dapat busnya? Sudah berangkat?
AKU BALAS => Udah beh, udah dari jam6 an..


18.58 WIB
IBU SMS => Mba sudah sampai mana?
AKU BALAS => Masih di tol Bu, masih jauh.. Kenapa?
IBU SMS => Ada teman yang bareng? Mudah2an nyampainya ga malam ya nak dan diberi kelancaran.. aamiin.. (khawatir ga ada yang jemput) -> aku pun mulai berpikir untuk ikut khawatir.. L
AKU SMS => Aku sendiri bu.. Doain aja bu.. tenang aja.. kan ada Allah.. ;) -> padahal mah dalam hati..


19.37 WIB
IBU SMS => Mba, Ibu minta tolong ke A Iwan untuk jemput Mba, soalnya A Iwan sekalian pulang dari Holis cenah. Kalo mau nanti Mba sms A Iwan cenah kalo udah hampir sampai..

Aku mengiyakan dalam hati, karena aku lihat perjalanan masih di KM 30an.
BTW, A Iwan adalah suami dari bibiku. Beliau dan bibiku sudah ku anggap keluargaku sendiri. Jadi kami sudah sering saling meminta bantuan satu sama lain. Termasuk hal2 seperti ini (kalo darurat).

Aku ingin membalas, tapi masih mengantuk... zzzzz...

No comments:

Post a Comment